Gempa

“Siap2 tengah..Gw mo bokong!”..Dgn gagah berani Sang SandKing menuju line tengah..”Burrow Strike+Epicenteeeerrrr…!!….Gusrak..gusrak!..Maaaakkk…napa nii?..meja bangku gw goyang smua..gila jg ni DotA,..impact skill ampe kaya real gitu..huehue!!..”Woi gempaaaa..Time out dulu ya…kaburrrrrr”….Oh ternyata barusan ada gempa!.Tanpa pake kolor gw langsung aj lari keluar(buset maen DotA ga pake kolor..apa coba!napsu liat Lina or Rylai kali ya..wekeke).Ga taunya bkn gw doang yg masi doyan idup.Semua orang pada keluar ke jalanan.”ada gempa ya de?”..”Saya di lantai 5 terasa sekali”..ada yg sok heboh “Save ur life…RUUNN..RUNN”..hehe.Baru kali ini gw rasain gempa yg mayan.Bandung di goyang 7.2 skala richter!eh bukan bandung doang deng..hampir seluruh pulau jawa kerasa getarannya.Setelah di telikimilikiti oleh BMG(Babu Meteorologi dan Geofisika),gempa berpusat pada 9.295° LS 107.347° BT , 48,6 km di bawah dasar laut. Berada 225 km (140 mil) timur laut Pulau Natal dan 240 km (150 mil) tenggara Tasikmalaya, Indonesia, dan 358 km (222 mil) selatan Jakarta.Deket2 Pangandaran ya.Gempa ini menyebabkan tsunami setinggi 2 meter dihampir pesisir selatan pulau jawa. 659 jiwa melayang…:(..

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi permukaan bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.Sama kalo kita lg mules dong..wew!

Blom ilang ingatan kita 26 desember 2004 lalu,Aceh di goyang gempa kedua terbesar di dunia abad ini 9.3 skala richter+tsunami yg meratakan pesisir barat aceh. 320.000 orang pergi kepangkuan YME..:(..Liat di tipi tetangga bisa2nya kapal laut ke nyangsrang ke darat 5km dari pantai.Mungkin mo coba teori evolusi tuh kapal..hueuh.kecebong->kodok…Kapal laut->kodok tetep..zzz!Gempa terbesar abad ini tercatat di Chili tahun 1960 dgn kekuatan 9.5 skala richter.Indonesia bbrp tahun ini lagi langganan gempa ya.

  • 28 Maret 2005 Gempa Sibolga Sumatra berkekuatan 8.7 SR
  • 27 Mei 2006 Gempa Bantul Yogyakarta berkekuatan 6.3 SR(6234 orang tewas)
  • 17 Juli 2006 Gempa Tasikmalaya berkekuatan 7.7 SR (400 orang tewas)
  • 11 Agustus 2006 Gempa Sibolga 2 berkekuatan 6 SR
  • 6 Maret 2007 Gempa Padang berkekuatan 6.4 SR (60 orang tewas)
  • 12 September 2007 Gempa Bengkulu berkekuatan 7.9 SR (9 orang tewas)

Pembukaan puasa di meriahkan Gempa Bengkulu!Baru kemaren.Menurut BMG..again?…gempa kali ini bisa mengakibatkan Tsunami.Jadi buat masyarakat yg masi mau kawin kedua kalinya di harapakan untuk pergi ke dataran tinggi.Ya..maksudnya lari ke arah daerah gunung gitu loh.”Pak..saya sudah ke tempat tinggi,tapi kok saya tetep mati ya?”Roh gentayangan korban tsunami bertanya…”Masa sih..lagi apes kali ya mas?..emang mas lari ke daerah mana?”…”Waktu itu saya panik..saya cari tempat tinggi yg deket2 aj..”…”trus kemana?”..”Saya manjat puhun kelapa di pinggir pantai”…zzzzz.Sejak berita ini di turunkan..Ciee..kaya wartawan aja…Gempa susulan masih terasa di Bengkulu,kira2 60x an lah.Kalo mo lengkapnya Silakan cubit di sini.

Beginilah nasib hidup di negara subur dan kaya akan sumber alamnya.Letak Indonesia yang berada di antara tiga lempeng utama dunia yaitu lempeng Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik serta berada diposisi Ring of Fire.Apaan tuh Ring of Fire?..kl di indo di kenal sbg Cincin Api Pasifik,daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Berikutnya adalah Mid-Atlantic Ridge.

Ring of Fire

Ring of Fire

 

Are u ready to die indonesia people?…huehuhe..masih bujang pula..hiks! Yang kita butuhkan skrg adalah perbaikan pendeteksi gejala awal gempa tsunami(kebetulan pas gempa Bengkulu alat deteksi gempa tsunami kita lg rusak..katanya)dan prepare langkah2 yg dilakukan kl terjadi gempa,seperti metode Triangle of Life.Kalo kalian penasaran mo melihat ada apa di alam baka,coba pake metode Triangle of Dead:

 

  • Saat gempa berenanglah ke pantai.Banyak ikan gratis loh.Tinggal nyomotin doang.
  • Berdirilah persis di pinggir gedung tua.Saat tembok mulai roboh,sundul batunya satu persatu pake gaya heading Bierhoff.
  • Berdiri di pinggir tiang jembatan sambil maen holihop.
  • Kalo anda terjebak di Lantai 15,larilah ke jendela..lompat,,di jamin ga akan kena runtuhan tembok..tapi…tetep mati!
  • Makan Sate.

hehe..just kiddin!

~ oleh opix nano pada September 13, 2007.

2 Tanggapan to “Gempa”

  1. Wuih,lucu kali nich…
    Salut aku.Thank’s atas sarannya ya,kapan2 aku coba deh.

  2. Hu’u gw jg ngrasain gempa ntu di magelang,pas wktu gw lg tdur eh gw kget tmpat tdur gw goyang2 trus gw lngsung lari kluar,hehehe^^

Tinggalkan Balasan

 
